Perekik Brilian Martin Odegaard Bawa Arsenal Petik Kemenangan Atas Burnley

By ommed


nusakini.com - Setelah sempat kalah beruntun, The Gunners akhirnya berhak memetik hasil positif berturut-turut. Arsenal kembali meraih kemenangan 1-0, kali ini atas Burnley, pada pekan kelima Liga Primer Inggris di Turf Moor, Sabtu (18/9).

Umpan matang Martin Odegaard membebaskan Kieran Tierney di sisi kiri pada menit keenam. Ia melepaskan umpan silang rendah di depan muka gawang, namun Nick Pope berhasil menepisnya. Nicolas Pepe nyaris menyambut bola memantul, tetapi kontrolnya kurang baik.

Gelanda Norwegia itu akhirnya memecah kebuntuan lewat perekik brilian setelah Bukayo Saka dilanggar di luar kotak penalti pada menit ke-30. Sepakan Odegaard berbelok ke sudut atas kiri dengan manis dan Pope tak mampu menjangkaunya.


Emile Smith Rowe nyaris menggandakan keunggulan Arsenal sebelum turun minum. Ia melepaskan tendangan langsung hasil umpan silang mendatar Pepe, namun bola hanya nyaris menggores mistar gawang.

Gelandang muda Inggris itu kembali terlibat di menit ke-52, kali ini seharusnya ia bisa lebih mengancam. Saka berlari ke arah pertahanan Burnley sebelum meneruskan bola ke kaki Pierre-Emerick Aubameyang. Sang striker memberikan umpan kepada Smith Rowe yang lepas kawalan, tapi tendangannya malah terlalu lemah.

Maxwel Cornet yang baru masuk dua menit pada menit ke-59 nyaris menyamakan kedudukan, namun kiper anyar Aaron Ramsdale berhasil menepis tendangan berbeloknya.

Ben White harus lega, blundernya nyaris membawa petaka bagi Arsenal jika saja VAR tidak mengintervensi.

Bek £50 juta itu melakukan back pass sembrono dan memaksa Ramsdale 'melanggar' Matej Vydra di kotak penalti. Untungnya wasit membatalkan keputusan penalti dan permainan dilanjutkan.

Bukan Arsenal jika tak membuat fans jantungan hingga menit akhir. Pada menit ke-90+2, satu dua Charlie Taylor dan Dwight McNeil membuat nama pertama bebas melakukan crossing yang disambut Vydra, beruntung masih sedikit melebar.

Dua menit berselang, kotak Arsenal kembali diserang umpan silang berbahaya, kali ini dari Cornet. Tandukan Jay Rodriguez melambung terlalu tinggi, dan peluit panjang ditiup untuk memberi Arsenal kemenangan kedua musim ini.


Anak asuh Mikel Arteta akan 'pemanasan' dengan menghadapi AFC Wimbledon di Piala Liga, Kamis (23/9) dini hari WIB, sebelum menjamu Tottenham Hotspur dalam laga bertajuk North London Derby, Minggu (26/9). (gi/om)